Soal Pengaruh Lingkungan terhadap Suatu Organisme

Results

-

Loading

Loading

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Seekor burung pipit membangun sarangnya di atas pohon rindang. Faktor lingkungan yang paling berperan dalam pemilihan tempat bersarang burung pipit tersebut adalah ....

pengaruh lingkungan terhadap suatu organisme

Pengaruh Lingkungan terhadap Suatu Organisme

Pengaruh lingkungan terhadap organisme. Lingkungan merupakan tempat tinggal bagi semua organisme, baik hewan, tumbuhan, maupun manusia. Ia menyediakan berbagai faktor yang menunjang kehidupan, seperti air, udara, tanah, dan sumber daya lainnya. Oleh karena itu, lingkungan memiliki pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup dan perkembangan suatu organisme.

Pengaruh lingkungan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu abiotik dan biotik. Faktor abiotik meliputi unsur-unsur fisik dan kimia seperti suhu, air, cahaya, tanah, dan iklim. Faktor biotik meliputi interaksi dengan makhluk hidup lain, seperti predator, mangsa, pesaing, dan simbiosis.

Contoh pengaruh faktor abiotik:
  • Suhu: Suhu yang ekstrim dapat membahayakan organisme. Contohnya, tumbuhan kaktus beradaptasi dengan suhu panas dan kering di gurun pasir dengan menyimpan air di batangnya.
  • Air: Air sangat penting untuk semua makhluk hidup. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi dan kematian. Contohnya, ikan beradaptasi dengan hidup di air dengan memiliki insang untuk bernapas.
  • Cahaya: Cahaya dibutuhkan oleh tumbuhan untuk fotosintesis. Hewan menggunakan cahaya untuk melihat dan mencari makan. Contohnya, kelelawar beradaptasi dengan hidup di malam hari dengan memiliki kemampuan ekolokasi.
Contoh pengaruh faktor biotik:
  • Predasi: Predator dapat membantu mengendalikan populasi mangsanya. Contohnya, singa berburu zebra untuk makanannya.
  • Kompetisi: Kompetisi terjadi ketika dua atau lebih organisme membutuhkan sumber daya yang sama. Contohnya, dua spesies pohon yang berbeda berkompetisi untuk mendapatkan sinar matahari.
  • Simbiosis: Simbiosis adalah hubungan yang saling menguntungkan antara dua organisme. Contohnya, bakteri yang hidup di usus manusia membantu pencernaan makanan.

Organisme memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Adaptasi ini dapat berupa perubahan fisik, perilaku, atau fisiologis yang membantu organisme untuk bertahan hidup dan berkembang biak di lingkungannya.

Contoh adaptasi organisme:
  • Beruang kutub: Memiliki bulu tebal untuk menahan suhu dingin di Kutub Utara.
  • Bunglon: Memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulitnya untuk berkamuflase dengan lingkungannya.
  • Kaktus: Memiliki batang yang dapat menyimpan air untuk bertahan hidup di lingkungan yang kering.

Dengan memahami pengaruh lingkungan terhadap organisme, kita dapat mempelajari bagaimana makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya dan bagaimana kita dapat menjaga keseimbangan alam.


Lihat juga Soal Literasi Sistem Pernapasan

Referensi tambahan Lingkungan Hidup

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top