Soal Objek IPA dan Pengukuran (Mandiri)

Objek IPA dan Pengukuran

Mandiri


Results

-

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Perhatikan tabel di atas! Berdasarkan tabel, besaran turunan dengan satuannya dalam Sistem Internasional yang benar adalah ....

Soal Objek IPA (Mandiri)

Pengukuran

Soal Objek IPA (Mandiri). Dalam fisika dan teknik, pengukuran merupakan aktivitas yang membandingkan kuantitas fisik dari objek dan kejadian dunia-nyata. Alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda atau kejadian tersebut. Seluruh alat pengukur dapat terkena kesalahan peralatan yang bervariasi. Bidang ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran dinamakan metrologi.

Fisikawan menggunakan banyak alat untuk melakukan pengukuran mereka. Ini dimulai dari alat yang sederhana seperti penggaris dan stopwatch sampai ke mikroskop elektron dan pemercepat partikel. Instrumen virtual digunakan luas dalam pengembangan alat pengukur modern.

Timbangan

Timbangan atau neraca adalah alat yang dipakai dalam melakukan pengukuran massa suatu benda. Ketelitian pengukuran massa pada timbangan sangat beragam dan disesuaikan dengan kegunaannya masing-masing. Timbangan untuk keperluan perdagangan memiliki tingkat ketelitian yang rendah sedangkan neraca untuk percobaan di laboratorium memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Salah satu contoh timbangan adalah neraca pegas (dinamometer). Neraca pegas adalah timbangan sederhana yang menggunakan pegas sebagai alat untuk menentukan massa benda yang diukurnya. Neraca pegas (seperti timbangan badan) mengukur berat, defleksi pegasnya ditampilkan dalam skala massa (label angkanya sudah dibagi gravitasi).

Soal Objek IPA (Mandiri)
Timbangan yang digunakan untuk menimbang berat buat di pasar swalayan

Jam sukat

Jam sukat atau jam randek (bahasa Inggris: stopwatch) adalah pencatat waktu yang terjadi antara dua peristiwa. Bagian utama dari jam sukat terdiri dari dua tombol dengan fungsi yang berbeda, yaitu tombol mulai ulang dan tombol henti. Tombol mulai ulang untuk mengulang perhitungan rentang waktu, dan tombol henti untuk menghentikan pencatatan waktu. Jam sukat ada yang menunjukkan perhitungan secara analog maupun digital. Jam sukat dapat ditemukan pada telepon genggam. Cara menggunakan jam sukat dengan memulai menekan tombol di atas dan berhenti sehingga suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu yang berlalu. Kemudian dengan menekan tombol yang kedua pengguna dapat menyetel ulang jam sukat kembali ke nol. Tombol yang kedua juga digunakan sebagai perekam waktu.

Soal Objek IPA (Mandiri)
Jam sukat analog

Mikrometer

Dinamai mikrometer atau biasa disebut mikrometer sekrup adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda-benda berukuran kecil/tipis, atau yang berbentuk pelat dengan tingkat presisi yang cukup tinggi. Mikrometer sekrup memiliki ketelitian 0,01 mm. Alat ini dilengkapi sekrup terkalibrasi yang banyak digunakan untuk mengukur komponen secara akurat. Dalam kehidupan sehari-hari, mikrometer sekrup digunakan tukang servis kulkas dan pompa air untuk mengukur diameter kawat tembaga yang akan digunakan untuk mengganti kumparan kawat yang telah rusak.

Soal Objek IPA (Mandiri)
Mikrometer sekrup modern dengan pembacaan 1,640 ± 0,005 mm. Dengan asumsi tidak ada kesalahan titik nol.

Soal Objek IPA (Mandiri). Baca juga Objek IPA dan Pengukuran (Basic)

Sumber: alat ukur

Soal Objek IPA (Mandiri)

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top