Soal Getaran, Gelombang, dan Bunyi (Basic)

Getaran, Gelombang, dan Bunyi

Level Basic


Results

-

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Berikut ini yang paling tepat untuk menyatakan sebuah getaran adalah gerakan ....

Soal Getaran Gelombang (Basic)

Fisika dari suara

Suara dapat merambat melalui media seperti udara, air dan padatan sebagai gelombang longitudinal dan juga sebagai gelombang transversal dalam padatan (lihat Gelombang longitudinal dan transversal, di bawah). Gelombang suara dihasilkan oleh sumber suara, seperti diafragma bergetar dari speaker stereo. Sumber suara menciptakan getaran di media sekitarnya.

Ketika sumber terus bergetar media, getaran merambat menjauh dari sumber dengan kecepatan suara, sehingga membentuk gelombang suara. Pada jarak tetap dari sumber, tekanan, kecepatan, dan perpindahan media bervariasi dalam waktu. Pada saat instan, tekanan, kecepatan, dan perpindahan bervariasi dalam ruang. Perhatikan bahwa partikel media tidak bepergian dengan gelombang suara.

Ini secara intuitif jelas untuk zat padat, dan hal yang sama berlaku untuk cairan dan gas (yaitu, getaran partikel dalam gas atau cairan mengangkut getaran, sementara posisi rata-rata partikel dari waktu ke waktu tidak berubah). Selama propagasi, gelombang dapat dipantulkan, dibiaskan, atau dilemahkan oleh medium.

Gelombang longitudinal dan transversal

Suara ditransmisikan melalui gas, plasma, dan cairan sebagai gelombang longitudinal, juga disebut gelombang kompresi. Dibutuhkan media untuk disebarkan. Namun, melalui padatan, ia dapat ditransmisikan sebagai gelombang longitudinal dan gelombang transversal. Gelombang suara longitudinal adalah gelombang deviasi tekanan bolak-balik dari tekanan kesetimbangan, yang menyebabkan daerah kompresi dan penghalusan lokal, sedangkan gelombang transversal (dalam padatan) adalah gelombang tegangan geser bolak-balik pada sudut kanan ke arah propagasi.

Grafik ‘tekanan dari waktu ke waktu’ dari rekaman 20 ms dari nada klarinet menunjukkan dua elemen dasar suara: Tekanan dan Waktu.

Gelombang suara dapat “dilihat” menggunakan cermin parabola dan objek yang menghasilkan suara.

Energi yang dibawa oleh gelombang suara berosilasi mengubah bolak-balik antara energi potensial dari kompresi tambahan (dalam kasus gelombang longitudinal) atau regangan perpindahan lateral (dalam kasus gelombang transversal) dari materi, dan energi kinetik dari kecepatan perpindahan partikel medium.

Baca juga Soal Getaran, Gelombang, dan Bunyi (Mandiri), Soal Usaha dan Pesawat Sederhana (Advanced), dan lain-lain.

Sumber: bunyi

Soal Getaran Gelombang (Basic)

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top