Soal Gerak Benda (Medium)

Gerak Benda

Level Medium


Results

-

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Perhatikan gambar di atas! Umar dan Amir sedang tarik tambang dengan arah yang berlawanan. Jika gaya Umar 25 N dan gaya Amir 20 N, maka resultan kedua gayanya adalah ....

Soal Gerak Benda (Medium)

Perpindahan

Perpindahan adalah perubahan posisi pada benda. Ukuran perpindahan sama dengan jarak terpendek dari posisi akhir dan posisi awal oleh suatu titik P yang bergerak. Perpindahan sering kali dipertukarkan dengan konsep jarak. Besaran perpindahan kadang dideskripsikan juga sebagai translasi yang memetakan posisi awal ke posisi akhir.

Perpindahan dapat juga digambarkan sebagai posisi relatif (yang dihasilkan dari perubahan posisi), yaitu sebagai posisi akhir xakhir dari suatu titik yang relatif terhadap posisi awalnya xawal.

Soal Gerak Benda (Medium)
Distance (jarak) & displacement (perpindahan)

Dalam perubahan posisi benda yang bergerak terhadap waktu, kecepatan sesaat benda adalah laju perubahan perpindahan sebagai fungsi waktu. Kecepatan sesaat, berbeda dari kecepatan pada umumnya, atau laju perubahan waktu dari jarak yang ditempuh sepanjang lintasan tertentu. Kecepatan dapat didefinisikan sebagai laju perubahan vektor posisi terhadap waktu.

Jika dipertimbangkan posisi awal benda yang bergerak, atau ekuivalen asal yang bergerak (misalnya posisi awal atau asal yang dipasang pada gerbong kereta, yang pada gilirannya bergerak di jalur relnya), kecepatan P (misalnya titik yang mewakili posisi penumpang yang berjalan di kereta) dapat disebut sebagai kecepatan relatif, sebagai lawan dari kecepatan absolut, yang dihitung sehubungan dengan titik yang dianggap ‘tetap di ruang angkasa’ (seperti, misalnya, titik dipasang di lantai stasiun kereta api). Untuk gerak dalam selang waktu tertentu, perpindahan dibagi dengan panjang selang waktu disebut sebagai kecepatan rata-rata, yang merupakan besaran vektor, dan berbeda dengan kelajuan rata-rata, yang merupakan besaran skalar.

Benda Tegar

Dalam gerak pada benda tegar, istilah perpindahan juga dapat merujuk kepada rotasi benda. Dalam hal ini perpindahan suatu partikel benda disebut perpindahan linier (perpindahan sepanjang garis lurus), sedangkan rotasi benda disebut perpindahan sudut.

Posisi (vektor)

Posisi (vektor) adalah letak benda secara vektor yang ditandai dengan sumbu dalam sistem koordinat. Syarat yang harus dipenuhi dalam penentuan posisi adalah penetapan sumbu koordinat terlebih dahulu. Posisi suatu benda tidak mengacu pada kesamaan letak melainkan pada sumbu koordinat yang dijadikan sebagai acuan. Dalam geometri, posisi juga dikenal sebagai vektor lokasi atau vektor radius (bahasa Inggris: position, position vector, location vector atau radius vector), suatu vektor yang menunjukkan posisi suatu titik P dalam ruang dalam kaitan dengan suatu rujukan sembarang origin O. Biasanya dilambangkan dengan x, r, atau s, vektor ini bersangkutan dengan dengan jarak garis lurus dari O ke P.

Baca juga Soal Gerak Benda (Basic), Soal Gerak Benda (Mandiri), dan lain-lain.

Sumber: hukum gerak newton

Soal Gerak Benda (Medium)

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top