Periode dan Golongan

Periode dan Golongan

Interactive Content


Periode dan Golongan

Unsur periode 1

Periode dan Golongan. Unsur periode 1 adalah unsur-unsur kimia dalam baris (atau periode) pertama dari tabel periodik unsur kimia. Tabel periodik disusun berdasarkan baris untuk menggambarkan keberulangan tren (periodik) perilaku kimia unsur-unsur seiring dengan kenaikan nomor atom. Baris baru dimulai ketika perilaku kimia mulai berulang, artinya unsur-unsur dengan perilaku yang sama akan jatuh pada kolom vertikal yang sama.

Periode 1 mengandung lebih sedikit unsur daripada periode lain dalam tabel, dengan hanya 2 anggota yaitu: hidrogen dan helium. Situasi ini dapat dijelakan menggunakan teori modern struktur atom. Dalam penjelasan mekanika kuantum tentang struktur atom, periode ini berhubungan dengan pengisian orbital 1s. Unsur-unsur periode 1 mematuhi kaidah duet yang menyatakan bahwa mereka memerlukan dua elektron untuk melengkapi kulit valensinya. Jumlah maksimum elektron yang dapat diakomodasi oleh unsur-unsur ini adalah dua, yang keduanya terletak di dalam orbital 1s. Oleh karena itu, periode 1 hanya beranggotakan dua unsur.

Tren periodik

Semua periode lain dalam tabel periode mengandung sekurang-kurangnya 8 unsur, dan sering kali membantu menjelaskan tren periodik sepanjang periode. Namun, periode 1 hanya beranggotakan dua unsur, sehingga konsep ini tidak berlaku di sini.

Periode dan Golongan
Gas hidrogen dalam tabung lucutan
Periode dan Golongan
Gas helium dalam tabung lucutan

Dalam hal tren vertikal sepanjang golongan, helium dapat dipandang sebagai gas mulia yang berada di puncak Golongan 18, tetapi sesuai dengan diskusi di bawah, kimia hidrogen bersifat unik dan tidak mudah dimasukkan ke dalam golongan manapun.

Posisi unsur-unsur periode 1 dalam tabel periodik

Meskipun baik hidrogen dan helium berada dalam blok-s, mereka berdua tidak berperilaku yang sama dengan unsur-unsur blok-s lainnya. Perilaku keduanya sangat berbeda dibandingkan unsur-unsur blok-s lainnya hingga memunculkan semacam polemik tentang peletakan kedua unsur ini dalam tabel periodik.

Hidrogen kadang-kadang diletakkan di atas litium, di atas karbon, di atas fluor, di atas litium dan fluor sekaligus (muncul dua kali), atau di kiri mengambang di atas unsur-unsur lainnya dan tidak dimasukkan ke dalam golongan manapun dalam tabel periodik.

Helium hampir selalu diletakkan di atas neon (yang merupakan anggota blok-p) dalam tabel periodik sebagai gas mulia, meskipun ia kadang-kadang diletakkan di atas berilium karena kesamaan konfigurasi elektronnya.

Periode dan Golongan. Baca juga Perkembangan Sistem Periodik

Sumber: unsur periode 1

Periode dan Golongan

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top