PAT PPKN Kelas 8

PPKN SMP/MTs

PAT Kelas 8


Results

-

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Yang menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia pada abad ke-15 adalah ....

PAT PPKN Kelas 8

Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan diajarkan di sekolah-sekolah, sebagai mata pelajaran akademik yang mirip dengan politik atau sosiologi. Ia dikenal dengan nama yang berbeda di berbagai negara. Misalnya, citizenship education (atau singkatnya citizenship) di Inggris, civics di AS, dan ‘pendidikan untuk kewarganegaraan demokratis’ di beberapa bagian Eropa. Nama yang berbeda untuk mata pelajaran ini tercermin dalam pendekatan yang berbeda terhadap pendidikan kewarganegaraan yang diadopsi di berbagai negara. Ini sering merupakan konsekuensi dari perkembangan sejarah dan politik yang unik di berbagai negara.

Di banyak negara, fokus pengajaran adalah pada kewarganegaraan aktif. Tujuan dari “kewarganegaraan aktif” adalah untuk mengajarkan siswa untuk bekerja sama. Dan mengambil tindakan praktis, menggunakan pengetahuan dan pemahaman kewarganegaraan mereka untuk berkontribusi pada masyarakat yang lebih baik. Misalnya, setelah belajar tentang hak asasi manusia, keragaman dan kesenjangan sosial. Siswa mungkin memutuskan untuk membuat proyek untuk mengatasi rasisme di sekolah atau komunitas lokal mereka. Contoh lain dari proyek kewarganegaraan aktif termasuk memulai program daur ulang. Atau membentuk kelompok aksi siswa untuk mengatasi perundungan. Atau mempromosikan perdagangan adil atau kampanye untuk menurunkan usia pemilih menjadi 16 tahun.

Landasan filosofi

Mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan merupakan perwujudan tujuan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini Indonesia memiliki Pancasila sebagai ideologi nasional. Pancasila merupakan kekuatan pemersatu dan pembangunan karakter bangsa yang salah satunya ialah semangat kebangsaan. Atau semangat persatuan yang multikultural dalam Bhineka Tunggal Ika. Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting dalam membangun semangat kebangsaan. Dengan menumbuhkan nilai-nilai demokrasi kemanusiaan, keadilan sosial, cinta tanah air, memiliki kesadaran hukum dan kemampuan bela negara.

Landasan historis

Suatu bangsa ataupun negara mempunyai perjalanan panjang untuk eksistensi negara dan warganya.  Seperti contohnya Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai tantangan  yang tak mudah dalam rentang waktu yang lama. Sehingga untuk menanamkan rasa nasionalisme  perlu diadakannya Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini bertujuan untuk menghargai  sejarah proklamasi  serta mewujudkan cita-cita nasional dan tujuan nasional.

Baca juga Kedudukan dan Fungsi Pancasila, PAS Ganjil PPKN 8, dan lain-lain.

Sumber: pendidikan kewarganegaraan

PAT PPKN Kelas 8

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top