PAS Ganjil PPKN 8

PPKN SMP/MTs

PAS Ganjil Kelas 8


Results

-

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Istilah Pancasila dalam bahasa Sansekerta, asal kata panca (lima) dan sila (sendi, asas). Apa makna istilah Pancasila sebagai Dasar Negara ....

PAS Ganjil PPKN 8

Landasan historis

Suatu bangsa ataupun negara mempunyai perjalanan panjang untuk eksistensi negara dan warganya. Seperti contohnya Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai tantangan yang tak mudah dalam rentang waktu yang lama. Sehingga untuk menanamkan rasa nasionalisme perlu diadakannya Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini bertujuan untuk menghargai sejarah proklamasi serta mewujudkan cita-cita nasional dan tujuan nasional.

Landasan Sosiologis

Indonesia merupakan negara yang besar dengan budaya yang beragam dan multikultur berdasarkan etnis dan bahasa. Perbedaan ini merupakan potensi kekuatan bangsa. Keberagaman diikat oleh norma dan aturan untuk menjaga Harmoni kehidupan guna mewujudkan kesadaran moral dan hukum. Dengan mempelajari pendidikan kewarganegaraan akan memperkuat jati diri bangsa. Serta komitmen untuk mewujudkan cinta tanah air, kesadaran bela negara, dan persatuan nasional dalam suasana saling menghargai keberagaman. Generasi penerus bisa menghargai persatuan keberagaman budaya adat istiadat tradisi melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Landasan Yuridis

Pengadaan pendidikan kewarganegaraan tertuang dalam aturan tertulis. Seperti undang-undang nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional atau SISDIKNAS. Menyatakan bahwa Pendidikan kewiraan termasuk Pendidikan Kewarganegaraan merupakan kurikulum wajib pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.

Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Rasa ini diwujudkan dalam bentuk bela negara seperti yang tercantum dalam UUD 1945. Hasil amandemennya yaitu pasal 27 ayat 3. Yang berbunyi “Setiap warga negara berhak wajib dan ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Dan ditegaskan kembali pada pasal 30 ayat 1. Bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan keamanan negara”.

Landasan Teoritis

Mempelajari pendidikan kewarganegaraan juga selaras dengan hasil konferensi sembilan menteri pendidikan dari negara berpenduduk terbesar di dunia. Termasuk Indonesia di New Delhi, India tahun 1996 yang menyepakati bahwa pendidikan adalah mempersiapkan pribadi sebagai warga negara. Dan anggota masyarakat yang bertanggungjawab, menanamkan dasar pembangunan berkelanjutan bagi kesejahteraan manusia. Dan pelestarian lingkungan hidup serta menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada penguasaan pengembangan dan penyebaran Iptek dan seni demi kepentingan kemanusiaan.

Pendidikan Kewarganegaraan bersifat universal dan menyeluruh yang tidak hanya dipelajari di Indonesia. Namun juga di negara lain di dunia tidak hanya dalam konteks school civics tapi juga community civics. Yang intinya kaitan antara warganegara individu dan pemerintah. Hak dan kewajiban sebagai warga negara dari sebuah negara hukum demokrasi. Dan partisipasi persiapan warga negara sebagai bagian dari warga dunia.

Baca juga Soal Ekonomi Paket 1, Hakikat Geografi, dan lain-lain.

Sumber: pendidikan kewarganegaraan

PAS Ganjil PPKN 8

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top