Massa Atom Relatif

Massa Atom Relatif

Interactive Content


Massa Atom Relatif

Massa atom relatif

Massa atom relatif (bahasa Inggris: relative atomic mass, simbol: Ar) atau bobot atom (bahasa Inggris: atomic weight). Suatu kuantitas fisik tak berdimensi (angka saja). Dalam definisi modernnya, ia merupakan perbandingan massa rata-rata atom suatu unsur. Dalam suatu sampel yang diberikan terhadap satu satuan massa atom. Satuan massa atom, simbol u, didefinisikan sebagai 1⁄12 massa satu atom karbon-12. Massa atom dapat bervariasi (antara atom dari unsur yang sama), karena adanya berbagai isotop unsur tersebut. Karena kedua nilai dalam rasio tersebut dinyatakan dalam satuan yang sama (u), nilai yang dihasilkan tidak berdimensi. Maka nilainya adalah relatif.

Massa Atom Relatif
Contoh untuk suatu sumber tembaga (pertimbangan: berbagai bijih). Dua isotop adalah: tembaga-63 (~62,93 u) dan tembaga-65 (~64,93 u), dalam kelimpahan yang berbeda(% dalam sampel).

Istilah ini biasanya digunakan juga untuk merujuk pada bobot atom relatif. Dipublikasikan secara berkala oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC). Daftar bobot atom standar dapat ditemukan secara meluas dalam buku pelajaran kimia, katalog-katalog komersial, dan papan informasi di laboratorium kimia. Penggunaan kata “berat atom” telah mengundang banyak kontroversi, paling tidak sejak tahun 1960-an.

Bobot atom, berbeda dengan massa atom (massa atom individu). Bukanlah tetapan fisika dan dapat berbeda-beda dari sampel yang satu ke sampel yang lain. Walau demikian, bobot atom cukuplah konstan dalam sampel “normal” untuk digunakan dalam bidang kimia.

Definisi

Definisi IUPAC bobot atom adalah:

Suatu bobot atom (massa atom relatif) suatu unsur dari suatu sumber tertentu adalah perbandingan rata-rata massa per atom unsur terhadap 1/12 massa satu atom 12C.

Definisi ini dengan sengaja menggunakan kata “Suatu bobot atom…”. Oleh karena suatu unsur dapat memiliki bobot atom yang berbeda-beda tergantung pada sumber. Sebagai contoh, boron yang berasal dari Turki memiliki bobot atom lebih rendah daripada bobot atom boron California. Hal ini disebabkan oleh komposisi isotop sampel. Walaupun demikian, oleh karena ketidakpraktisan dan sulitnya melakukan analisis isotop. Umumnya digunakan nilai bobot atom standar yang ditabulasi oleh IUPAC.

Kontroversi penamaan

Penggunaan nama “bobot atom” telah mengundang banyak kontroversi di antara para ilmuwan. Pihak-pihak yang berkeberatan biasanya akan menggunakan istilah massa atom relatif ataupun hanya massa atom. Dasar dari keberatan ini adalah bobot/berat atom bukanlah benar-benar berat, yakni gaya yang diberikan pada suatu benda dalam medan gravitasi.

Baca juga Isotop, Isobar, dan Isoton

Sumber: wikipedia.org

Massa Atom Relatif

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top