Latihan Soal Struktur Tumbuhan

Results

-

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Pada waktu mencangkok, pengupasan kulit batang menyebabkan batang itu kehilangan jaringan ....

Latihan Soal Struktur Tumbuhan

Latihan Soal Struktur Tumbuhan. Keragaman bentuk tumbuhan sangat beragam bahkan tak terbatas, sehingga tidak akan pernah mungkin untuk membeberikan istilah untuk semua bentuk yang ada. Beberapa kategori yang sering muncul dikelompokkan dan diberi nama, contohnya Angiospermae: jumlah bentuk daunnya tidak terhitung dan bahkan dalam satu tumbuhan setiap daun dapat berbeda secara ukuran dan bentuk, meskipun sesuai dengan bentuk umum seperti lonjong, linear, lanset, dan lainnya. Misalnya bentuk lonjong menunjukkan bentuk yang lebih panjang dibandingkan dengan luasnya, tidak ada batasan yang jelas antar dimensi sehingga hal ini yang mengakibatkan jumlah variasi bentuk yang tidak terbatas. Deskripsi teknis dari bentuk botani merupakan petunjuk yang paling mungkin digunakan ketika ditemukan bentuk yang tidak seorang pun pernah melihat secara langsung bentuk tersebut, sehingga ilustrasi visualnya dapat tergambarkankan.

Latihan Soal Struktur Tumbuhan
Diagram bagian-bagian tumbuhan

Klasifikasi

Seluruh bidang klasifikasi botani didasarkan pada variasi dalam bentuk keseluruhan organ dan bagian yang berbeda dalam tubuh tumbuhan. Bentuk dari suatu tumbuhan merupakan gabungan dari setiap bagian yang menjadi kesatuan, namun bukan untuk menyatakan bagian-bagian yang sangat rinci. Seluruh bentuk individu dan semua individu yang memiliki tingkat kemiripan tertentu, sebagian besar ditentukan secara subjektif dan dilambangkan dengan tata nama binomial yang memang merupakan istilah untuk bentuk yang paling kompleks. Istilah yang digunakan untuk takson yang lebih tinggi akan lebih komprehensif sehingga kurang konkret secara bentuk visual.

Morfogenesis

Morfogenesis merupakan aspek studi yang mempelajari bagaimana suatu organ atau bagian dapat terbentuk. Kajian aspek morfogeneis dalam ilmu morfologi tumbuhan melibatkan studi pemahaman inisiasi dan perubahan dari sebuah organ dan bagian (termasuk yang sedang mengalami pertumbuhan), serta mekanisme yang mengakibatkan perubahan bahkan yang terjadi secara spesifik. Proses inisiasi dan konstruksi dari berbagai bentuk terjadi sampai dengan tingkat sel.

Bagian-bagian tumbuhan

Bagian tumbuhan yang secara nyata dapat menunjukkan perbedaan (diferensiasi) dinamakan kormus yang merupakan bagian pokok tumbuhan, terdiri dari tiga bagian yaitu:

  1. Akar (radix).
  2. Batang (caulis).
  3. Daun (folium).

Organ-organ lain dapat digolongkan sebagai organ sekunder karena terbentuk dari modifikasi bagian pokok atau kombinasi bagian-bagian pokok yaitu:

  • Kuncup (gemma), modifikasi dari batang dan daun.
  • Bunga (flos), modifikasi dari batang dan daun.
  • Duri (spina), modifikasi dari dahan maupun daun.
  • Alat-alat pembelit (cirrhus), dapat berupa modifikasi daun maupun dahan.
  • Umbi (tuber), modifikasi dari batang.
  • Rimpang (rhizome), modifikasi dari batang beserta daun-daunnya.
  • Umbi lapis (bulbus), modifikasi dari batang dan daun.

Latihan Soal Struktur Tumbuhan. Baca juga Latihan Makhluk Hidup Mikroskopis

Sumber: morfologi tumbuhan

Loading

1 thought on “Latihan Soal Struktur Tumbuhan”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top