Latihan Soal Gerak Melingkar

Results

-

Loading

Loading

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Jarum speedometer sebuah sepeda motor menunjukkan angka 1.200 rpm. Berarti, kecepatan sudut putaran mesin motor tersebut adalah ....

#2. Sebuah benda bergerak 90 putaran dalam 1 menit. Kecepatan sudut benda tersebut adalah ....

Latihan Soal Gerak Melingkar

Gerak melingkar

Latihan Soal Gerak Melingkar. Gerak melingkar (bahasa Inggris: circular motion) adalah gerak suatu benda yang membentuk lintasan berupa lingkaran mengelilingi suatu titik tetap. Agar suatu benda dapat bergerak melingkar ia membutuhkan adanya gaya yang selalu membelokkan-nya menuju pusat lintasan lingkaran. Gaya ini dinamakan gaya sentripetal. Suatu gerak melingkar beraturan dapat dikatakan sebagai suatu gerak dipercepat beraturan, mengingat perlu adanya suatu percepatan yang besarnya tetap dengan arah yang berubah, yang selalu mengubah arah gerak benda agar menempuh lintasan berbentuk lingkaran.

Jenis gerak dua dimensi yang khusus lainnya adalah gerak melingkar. Gerak melingkar adalah gerak pada satu bidang datar dan mengelilingi satu titik tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengamati atau memanfaatkan gerak melingkar. Misalnya gerak roda kendaraan, ,gerak kendaran di tikungan yang berbentuk irisan lingkaran, gerak jarum jam, gerak satelit mengitari bumi, roller coaster, dan sebagainya adalah contoh gerak melingkar. Bahkan gerak planet-planet mengelilingi matahari mendekati gerak melingkar (walaupun lintasannya berbentuk ellips, namun elips yang tidak terlalu lonjong). Secara sederhana gerak melingkar didefinisikan sebagai gerak benda pada lintasan berupa keliling lingkaran, baik lingkaran penuh atau tidak penuh. Ciri khas dari gerak melingkar adalah jarak benda ke suatu titik acuan, yang merupakan titik pusat lingkaran selalu tetap. Sifat lain yang menonjol pada gerak melingkar adalah arah kecepatan selalu menyinggung lintasan. Ini artinya pada gerak melingkar kecepatan selalu tegak lurus jari-jari lingkaran.

Gerak dua dimensi

Pada persoalan gerak dua dimensi, posisi benda terdefinisi secara lengkap apabila menggunakan dua buah koordinat posisi, yaitunya posisi di koordinat x dan y yang saling tegak lurus. Arah sumbu x dan y dapat kita pilih secara sembarang asal tegak lurus. Pemilihan arah dilakukan untuk mempermudah menyelesaikan persoalan. Contohnya pada gerak sepanjang bidang miring kita sering memilih arah sumbu x searah kemiringan bidang dan sumbu y tegak lurus bidang. Pada persoalan lain sumbu x sering dipilih berarah horisontal sedangkan y berarah vertikal ke atas.

Gerak peluru

Salah satu gerak dua dimensi yang paling popular adalah gerak peluru atau gerak parabola. Disebut gerak peluru karena gerak ini yang akan ditempuh oleh setiap peluru yang ditembakkan ke atas dengan membentuk sudut tertentu terhadap arah horizontal (tidak vertikal ke atas) atau yang ditembakkan dengan sudut sembarang dari ketinggian tertentu. Walaupun namanya gerak peluru, namun gerak tersebut tidak hanya digunakan untuk membahas peluru. Setiap benda yang dilempat ke atas dalam arah tidak vertikal atau ditembakkan dengan sudut sembarang dari ketinggian tertentu melakukan gerak peluru.


Latihan Soal Gerak Melingkar. Lihat juga Latihan Gerak Satu Dimensi

Sumber: Gerak melingkar dan Gerak dua dimensi

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top