Latihan Kingdom Fungi

Results

-

Loading

Loading

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri umum dari jamur, yaitu ....

#2. Pada jamur terdapat sel-sel yang memanjang menyerupai benang-benang yang disebut ....

#3. Simbiosis atau hubungan mutualisme antara jamur dan akar tanaman akan membentuk ....

#4. Berikut ini yang dimaksud dengan Lichen adalah ....

Latihan Kingdom Fungi

Fungi

Latihan Kingdom Fungi. Fungi adalah kerajaan dari sekelompok besar makhluk hidup eukariotik heterotrof yang mencerna makanannya di luar tubuh. Lalu menyerap molekul nutrisi ke dalam sel-selnya. Para ilmuwan kerap menggunakan istilah cendawan sebagai sinonim bagi Fungi.

Masyarakat awam menyebut sebagian besar anggota fungi sebagai jamur, kapang, khamir, atau ragi. Meskipun sering kali yang dimaksud adalah penampilan luar yang tampak, bukan spesiesnya sendiri. Kesulitan dalam mengenal fungi sedikit banyak disebabkan adanya pergiliran keturunan. Proses ini memiliki penampilan yang sama sekali berbeda (ingat metamorfosis pada serangga atau katak). Fungi memperbanyak diri secara seksual dan aseksual. Perbanyakan seksual dengan cara: dua hifa dari jamur berbeda melebur lalu membentuk zigot. Lalu zigot tumbuh menjadi tubuh buah, sedangkan perbanyakan aseksual dengan cara membentuk spora, bertunas atau fragmentasi hifa. Jamur memiliki kotak spora yang disebut sporangium. Di dalam sporangium terdapat spora. Contoh jamur yang membentuk spora adalah Rhizopus. Contoh jamur yang membentuk tunas adalah Saccharomyces. Hifa jamur dapat terpurus dan setiap fragmen dapat tumbuh menjadi tubuh buah.

Ilmu yang mengaji fungi disebut mikologi (dari akar kata Yunani μυκες, “lendir”, dan λογοσ, “pengetahuan”, “lambang”).

Etimologi fungi

Kata bahasa Inggris fungus secara langsung diadopsi dari bahasa Latin fungus (jamur), digunakan dalam tulisan-tulisan Horatius dan Plinius. Kata ini berasal dari kata Yunani sphongos (σφόγγος “spons”), yang mengacu pada struktur makroskopis dan morfologi jamur dan kapang. Akar kata ini juga digunakan dalam bahasa lain, seperti bahasa Jerman Schwamm (“spons”) dan Schimmel (“kapang”). Penggunaan kata mikologi, yang berasal dari bahasa Yunani mykes (μύκης “jamur”) dan logos (λόγος “ilmu”). Studi ilmiah tentang jamur diperkirakan berasal dari tahun 1836. Yaitu publikasi naturalis Inggris Miles Joseph Berkeley The English Flora dari Sir James Edward Smith, Vol. 5. Kelompok dari semua fungi yang ada di daerah tertentu dikenal sebagai mikobiota. Kata benda jamak, tidak ada bentuk tunggal, misalnya, “mikobiota dari Irlandia”.


Latihan Kingdom Fungi. Lihat juga Latihan Kingdom Protista

Sumber: Fungi

Loading

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top