Latihan Keanekaragaman Hayati

Results

-

Loading

Loading

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari keanekaragaman hayati, yaitu ....

#2. Berikut ini adalah pasangan spesies yang dapat menghasilkan keturunan fertil, yaitu ....

#3. Organisme yang hanya memiliki persebaran di suatu daerah saja dinamakan ....

#4. Berikut adalah contoh hewan endemik dari daerah bagian timur, yaitu ....

Latihan Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati

Latihan Keanekaragaman Hayati. Keanekaragaman hayati atau biodiversitas adalah variasi dan variabilitas kehidupan di Bumi. Keanekaragaman hayati biasanya merupakan ukuran variasi pada tingkat genetik, spesies, dan ekosistem. Biodiversitas daratan (terestrial) biasanya lebih besar di sekitar khatulistiwa, akibat iklim yang hangat dan produktivitas primer (aliran energi) yang tinggi. Keanekaragaman hayati tidak terdistribusi secara merata di Bumi, dan paling bervariasi di daerah tropis. Ekosistem hutan tropis hanya mencakup 10 persen dari permukaan Bumi. Tapi ekosistem ini memiliki sekitar 90 persen spesies yang ada di dunia. Keanekaragaman hayati laut biasanya tertinggi di sepanjang pantai Samudra Pasifik bagian barat. Yaitu tempat suhu permukaan laut paling tinggi, dan di pita lintang tengah di semua lautan. Begitu pula keanekaragaman spesies juga dipengaruhi gradien lintang. Keanekaragaman hayati umumnya cenderung mengelompok di titik panas, dan telah meningkat seiring waktu, tetapi kemungkinan akan melambat di masa depan.

Definisi keanekaragaman hayati

Istilah “keanekaragaman hayati” paling banyak dipakai untuk menggantikan istilah yang sudah lebih dahulu didefinisikan dengan jelas. Yaitu keanekaragaman spesies dan kekayaan spesies. Ahli biologi sering kali mendefinisikan keanekaragaman hayati sebagai “keseluruhan gen, spesies, dan ekosistem di suatu wilayah”. Keuntungan dari definisi ini yaitu menggambarkan sebagian besar keadaan. Dan menyajikan pandangan terpadu tentang jenis keanekaragaman hayati tradisional yang telah diidentifikasi sebelumnya:

  • keanekaragaman taksonomi, biasanya diukur pada tingkat keanekaragaman spesies
  • keanekaragaman ekologis, sering dilihat dari perspektif keanekaragaman ekosistem
  • keanekaragaman morfologi, yang berasal dari keanekaragaman genetik dan keanekaragaman molekuler
  • keanekaragaman fungsional, merupakan ukuran jumlah spesies yang berbeda secara fungsional dalam suatu populasi. Misalnya cara makan yang berbeda, pergerakan yang berbeda, predator vs mangsa, dll.) Konstruksi bertingkat ini konsisten dengan Datman dan Lovejoy.

Definisi eksplisit yang konsisten dengan interpretasi ini pertama kali dituliskan dalam makalah Bruce A. Wilcox yang ditugaskan oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam (IUCN) dalam Konferensi Taman Nasional Dunia 1982. Definisi Wilcox yaitu “Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman bentuk kehidupan pada semua tingkat sistem biologis. Yaitu, molekuler, organisme, populasi, spesies, dan ekosistem”. Pada tahun 1984, Wilcox kembali mendefisikan keanekaragaman hayati secara genetis. Sebagai keanekaragaman alel, gen, dan organisme, yang mempelajari proses seperti mutasi dan transfer gen yang mendorong terjadinya evolusi.


Latihan Keanekaragaman Hayati. Lihat juga Latihan Kingdom Fungi

Sumber: Keanekaragaman hayati

Loading

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top