Kompetensi Pedagogik Umum

Kompetensi Pedagogik Umum

Interactive Content


Kompetensi Pedagogik Umum

Pedagogi

Kompetensi Pedagogik Umum. Pedagogi bisa diartikan sebagai strategi atau metode mengajar. Menurut Prof Poerbakawatja (1976) pedagogi mempunyai dua arti :

  • praktek, cara mengajar
  • ilmu pengetahuan mengenai prinsip-prinsip atau metode mengajar.

Pedagogi juga kadang-kadang merujuk pada penggunaan yang tepat dari strategi mengajar. Sehubungan dengan strategi mengajar itu, filosofi mengajar diterapkan dan dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan pengalamannya, situasi pribadi, lingkungan, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh peserta didik dan guru. Salah satu contohnya adalah aliran pemikiran Sokrates.

Etimologi

Kata “pedagogi” berasal dari Bahasa Yunani kuno παιδαγωγέω (paidagōgeō; dari παίς país: anak dan άγω ági: membimbing; secara literal berarti “membimbing anak”). Di Yunani kuno, kata παιδαγωγός biasanya diterapkan pada budak yang mengawasi pendidikan anak tuannya, termasuk di dalamnya mengantarnya ke sekolah (διδασκαλείον) atau tempat latihan (γυμνάσιον), mengasuhnya, dan membawakan perbekalannya (seperti alat musiknya).

Kata yang berhubungan dengan pedagogi, yaitu pendidikan, sekarang digunakan untuk merujuk pada keseluruhan konteks pembelajaran, belajar, dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan hal tersebut.

Malcolm Knowles mengungkapkan istilah lain yang mirip dengan pedagogi yaitu andragogi, yang merujuk pada ilmu dan seni mendidik orang dewasa.

Pedagogi bahasa

Pedagogi bahasa adalah disiplin ilmu mengenai teori dan teknik mengajar bahasa. Ilmu ini dideskripsikan sebagai suatu jenis pengajaran yang memerlukan seorang pengajar untuk mengajar bahasa dengan menggunakan pengetahuan dan pengalamannya sebelumnya dalam mengajar bahasa. Pendekatan ini berbeda dengan metodologi berbasis penelitian.

Dalam pedagogi bahasa, terdapat beberapa metode yang dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok: struktural, fungsional, dan interaktif. Tiap-tiap kelompok ini mencakup sejumlah metode yang dapat digunakan untuk mengajar dan belajar bahasa.

Perkembangan

Perkembangan pedagogi bahasa terjadi dalam tiga tahap. Pada akhir tahun 1800-an dan sebagian besar tahun 1900-an, pedagogi bahasa biasanya dikemukakan sebagai metode-metode. Dan pada tahun 1963, Profesor Linguistik Universitas Michigan Edward Mason Anthony Jr. merumuskan sebuah kerangka kerja untuk mendeskripsikan metode-metode tersebut menjadi tiga tingkatan: pendekatan, metode, dan teknik. Pada tahun 1982, kerangka kerja itu dikembangkan oleh Richards dan Rogers menjadi pendekatan, desain, dan prosedur.

Kompetensi Pedagogik Umum. Baca juga Kompetensi Profesional Kimia

Sumber: pedagogi bahasa pedagogi

Kompetensi Pedagogik Umum

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top