Kimia Kurmer Struktur Atom

Results

-

Loading

Loading

HD Quiz powered by harmonic design

#1. Manakah pernyataan berikut yang tepat tentang komponen penyusun atom?

Kimia Kurmer Struktur Atom

Kimia Kurmer Struktur Atom

Kimia Kurmer Struktur Atom. Di balik setiap zat yang kita lihat dan sentuh, terdapat dunia mikro yang menakjubkan: atom. Memahami struktur atom merupakan kunci untuk menguak berbagai fenomena kimia yang terjadi di sekitar kita. Dalam artikel ini, mari kita selami lebih dalam tentang struktur atom untuk mata pelajaran kimia kelas 11 SMA.

Komponen Penyusun Atom

Atom bagaikan miniatur tata surya mini, dengan inti (nukleus) di bagian pusat dan elektron yang mengorbitinya. Inti atom terdiri dari proton bermuatan positif dan neutron yang netral. Jumlah proton dalam inti atom menentukan nomor atom (Z), identitas unik setiap unsur. Sedangkan jumlah proton dan neutron secara bersama-sama menentukan nomor massa (A) atom.

Kimia Kurmer Struktur Atom

Elektron, dengan muatan negatifnya, mengelilingi inti dalam orbital. Orbital adalah daerah probabilitas di mana elektron paling mungkin ditemukan. Model atom modern, mekanika kuantum, menjelaskan orbital ini dengan bilangan kuantum yang memberikan informasi tentang energi, bentuk, dan orientasi orbital.

Bilangan Kuantum dan Konfigurasi Elektron

Empat bilangan kuantum menentukan sifat-sifat orbital dan konfigurasi elektron dalam atom:

  • Bilangan Kuantum Utama (n): Menunjukkan tingkat energi orbital, dengan nilai n = 1, 2, 3, dan seterusnya.
  • Bilangan Kuantum Azimuthal (l): Menentukan bentuk orbital, dengan nilai l = 0, 1, 2, …, n-1. Bentuk orbital l = 0 adalah bola, l = 1 adalah dumbbell, dan seterusnya.
  • Bilangan Kuantum Magnetik (ml): Menunjukkan orientasi orbital dalam ruang, dengan nilai ml = -l, -l+1, …, l.
  • Bilangan Kuantum Spin (ms): Menunjukkan spin elektron, dengan nilai ms = +1/2 atau -1/2.

Konfigurasi elektron menunjukkan susunan elektron dalam orbital atom. Penulisan konfigurasi elektron mengikuti aturan Aufbau, dengan elektron mengisi orbital dari energi terendah terlebih dahulu.

Sifat Kimia dan Sistem Periodik Unsur

Struktur atom, khususnya konfigurasi elektron, memiliki pengaruh besar terhadap sifat kimia unsur. Unsur-unsur dengan konfigurasi elektron yang mirip memiliki sifat kimia yang serupa pula. Hal ini menjadi dasar klasifikasi unsur dalam sistem periodik unsur.

Model-Model Atom

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, model atom terus diperbarui untuk menjelaskan fenomena atom dengan lebih baik. Dari model atom Dalton yang sederhana hingga model mekanika kuantum yang kompleks, setiap model memberikan kontribusi penting dalam pemahaman kita tentang struktur atom.


Lihat juga Latihan Soal Tatanama Senyawa Latihan Soal Ikatan Kimia Latihan Sistem Periodik Unsur Latihan Soal Hidrokarbon Latihan Soal Minyak Bumi Latihan Soal Kimia Terapan

Lihat artikel lainnya tentang Atom

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top