Isotop, Isobar, dan Isoton

Isotop, Isobar, dan Isoton

Interactive Content


Isotop Isobar dan Isoton

Isotop

Isobar Isotop dan Isoton. Isotop adalah dua atau lebih jenis atom yang memiliki nomor atom (jumlah proton dalam inti mereka) yang sama. Dan posisi dalam tabel periodik (dan karenanya termasuk dalam unsur kimia yang sama). Berbeda dalam nomor nukleon (nomor massa) karena untuk jumlah neutron yang berbeda dalam inti mereka. Semua isotop dari unsur tertentu memiliki sifat kimia yang hampir sama, mereka memiliki massa atom dan sifat fisik yang berbeda.

Istilah isotop dibentuk dari akar kata Yunani isos (ἴσος “sama”) dan topos (τόπος “tempat”), yang berarti “tempat yang sama”. Makna di balik nama tersebut bahwa isotop yang berbeda dari suatu unsur menempati posisi yang sama pada tabel periodik. Istilah ini diciptakan oleh dokter dan penulis Skotlandia Margaret Todd. Pada tahun 1913 dalam sebuah usul kepada ahli kimia Inggris Frederick Soddy.

Isotop Isobar dan Isoton
Tiga isotop hidrogen yang terjadi secara alami. Fakta mengatakan bahwa setiap isotop yang memiliki satu proton akan menjadikan mereka semua varian dari hidrogen: identitas isotop diberikan oleh jumlah proton dan neutron.

Jumlah proton dalam inti atom disebut nomor atom dan sama dengan jumlah elektron dalam atom netral (tidak terionisasi). Setiap nomor atom mengidentifikasi unsur tertentu, tetapi bukan isotopnya. Sebuah atom dari unsur tertentu mungkin memiliki kisaran jumlah neutron yang luas. Jumlah nukleon (proton dan neutron) dalam inti adalah nomor massa atom. Dan setiap isotop unsur tertentu memiliki nomor massa yang berbeda.

Misalnya, karbon-12, karbon-13, dan karbon-14 adalah tiga isotop dari unsur karbon dengan nomor massa masing-masing 12, 13, dan 14. Nomor atom karbon adalah 6, yang artinya setiap atom karbon memiliki 6 proton. Sehingga jumlah neutron dari isotop-isotop tersebut adalah 6, 7, dan 8, berturut-turut.

Isotop vs. nuklida

Nuklida adalah spesies atom dengan jumlah proton dan neutron tertentu dalam inti mereka. Misalnya, karbon-13 dengan 6 proton dan 7 neutron. Konsep nuklida (mengacu pada spesies inti individu) menekankan sifat inti di atas sifat kimia. Sedangkan konsep isotop (mengelompokkan semua atom dari setiap unsur) menekankan sifat kimia di atas sifat inti.

Jumlah neutron memiliki efek besar pada sifat inti, tetapi pengaruhnya terhadap sifat kimia dapat diabaikan untuk sebagian besar unsur. Bahkan untuk unsur yang paling ringan, yang rasio nomor neutron terhadap nomor atomnya paling bervariasi antar isotop. Biasanya hanya memiliki efek kecil meskipun dalam beberapa keadaan. Untuk hidrogen, unsur paling ringan, efek isotopnya cukup besar untuk mempengaruhi biologinya dengan kuat. Istilah isotop (awalnya juga unsur isotop, sekarang kadang-kadang nuklida isotop) dimaksudkan untuk menyiratkan perbandingan (seperti sinonim atau isomer).

Isotop Isobar dan Isoton. Baca juga Massa Atom Relatif

Sumber: wikipedia.org

Isotop Isobar dan Isoton

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top