IPA_Kalkulator Massa Jenis Zat

Kalkulator IPA

Massa Jenis Zat


Kalkulator Massa Jenis Zat

Massa jenis

Massa jenis atau densitas atau rapatan adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya. Sebuah benda yang memiliki massa jenis lebih tinggi (misalnya besi) akan memiliki volume yang lebih rendah daripada benda bermassa sama yang memiliki massa jenis lebih rendah (misalnya air).

Satuan SI massa jenis adalah kilogram per meter kubik (Kg/m3, Kg·m−3). Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama.

Satuan massa jenis dalam ‘CGS [centi-gram-sekon]’ adalah: gram per sentimeter kubik (g/cm3). 1 g/cm3=1000 kg/m3. Massa jenis air murni adalah 1 g/cm3 atau sama dengan 1000 kg/m3. Selain karena angkanya yang mudah diingat dan mudah dipakai untuk menghitung, maka massa jenis air dipakai perbandingan untuk rumus ke-2 menghitung massa jenis, atau yang dinamakan ‘Massa Jenis Relatif’.

Massa jenis relatif

Massa jenis relatif atau rapat jenis adalah rasio massa jenis (massa satu satuan volume) suatu zat terhadap massa jenis bahan referensi tertentu. Rapat jenis untuk cairan hampir selalu diukur terhadap air pada titik terpadatnya (pada 4 °C (39,2 °F)); untuk gas, referensinya adalah udara pada suhu kamar (20 °C (68 °F)). Istilah “massa jenis relatif” sering kali lebih disukai dalam penggunaan ilmiah.

Jika massa jenis relatif suatu zat kurang dari 1 maka zat tersebut kurang padat dari referensi; jika lebih besar dari 1 maka lebih padat dari referensi. Bila massa jenis relatif tepat 1 maka kepadatannya sama; dua zat dengan volume yang sama memiliki massa yang sama pula. Jika bahan referensinya adalah air, maka zat dengan massa jenis relatif (atau rapat jenis) kurang dari 1 akan mengapung di air. Sebagai contoh, es batu, dengan massa jenis relatif sekitar 0,91 akan mengapung di air. Suatu zat dengan massa jenis relatif lebih besar dari 1 akan tenggelam.


Baca juga Kalkulator Konversi Skala Suhu, Rangkuman Gerak pada Benda, dan lain-lain.

Sumber: wikipedia.org

Kalkulator Massa Jenis Zat

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top