Hukum Gravitasi Newton

Kalkulator Fisika

Hukum Gravitasi Newton


Hukum Gravitasi Newton

Gravitasi Universal Newton

Hukum Gravitasi Newton. Fenomena hukum tarik-menarik dalam bidang fisika berarti gaya tarik untuk saling mendekat satu sama lain. Dalam bidang fisika tiap benda dengan massa m1 selalu mempunyai gaya tarik menarik dengan benda lain (m2). Misalnya partikel satu dengan partikel lain selalu akan saling tarik-menarik. Contoh yang dikemukakan oleh Sir Isaac Newton dalam bidang mekanika klasik. Benda apapun di atas atmosfer akan ditarik oleh bumi, yang kemudian banyak dikenal sebagai fenomena benda jatuh.

Gaya tarik menarik gravitasi ini dinyatakan oleh Isaac Newton. Melalui tulisannya di journal Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica pada tanggal 5 Juli 1687.

Hukum Gravitasi Newton
Hukum Newton tentang gaya tarik menarik gravitasi umum

Teori ini kemudian dikembangkan lebih jauh lagi. Setiap benda angkasa akan saling tarik-menarik. Dan ini bisa dijelaskan mengapa bumi harus berputar mengelilingi matahari untuk mengimbangi gaya tarik-menarik gravitasi bumi-matahari. Dengan menggunakan fenomena ini juga, meteor yang mendekat ke bumi dalam perjalanannya di ruang angkasa akan tertarik jatuh ke bumi.

Gravitasi

Gravitasi adalah fenomena alam di mana yang memiliki massa atau energi di alam semesta saling tarik menarik satu sama lain. Termasuk planet, bintang, galaksi, dan bahkan cahaya. Di bumi, gravitasi menyebabkan benda fisik memiliki berat. Gravitasi Bulan menyebabkan air laut pasang laut. Dan gravitasi matahari mengakibatkan planet dan beragam objek lainnya berada pada orbitnya masing-masing tata surya. Gaya gravitasi dari materi di ruang angkasa yang ada di alam semesta menyebabkan materi tersebut mulai berkumpul. Membentuk bintang dan menyebabkan bintang-bintang tersebut berkumpul membentuk galaksi. Sehingga dapat dikatakan struktur berskala besar dalam alam semesta diciptakan oleh gravitasi. Gravitasi memiliki bentang nilai tak terbatas. Walaupun demikian, efeknya akan semakin melemah seiring suatu objek berjarak semakin jauh.

Fisika modern paling akurat mendeskripsikan gravitasi menggunakan teori relativitas umum yang diajukan oleh Albert Einstein pada 1915. Yang menjabarkan gravitasi bukan sebagai sebuah gaya. Namun sebagai konsekuensi dari massa yang bergerak “lurus” dalam sebuah kelengkungan ruang-waktu yang disebabkan oleh distribusi massa yang tidak merata. Contoh paling ekstrim dari kelengkungan ruang-waktu tersebut adalah lubang hitam. Di mana tiada suatu benda apapun, bahkan cahaya, dapat lolos begitu ia melewati horizon peristiwa lubang hitam. Namun, untuk kebanyakan kasus, gravitasi dapat dijelaskan oleh hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana. Newton menjabarkan gravitasi sebagai sebuah gaya yang menyebabkan dua benda fisik untuk saling tarik-menarik satu sama lainnya. Dengan daya yang sebanding dengan massa yang dihasilkan dan berbanding terbalik dengan jarak di antara kedua benda dikuadratkan. Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkan bahwa gaya gravitasi timbul karena adanya partikel graviton dalam setiap atom.

Hukum Gravitasi Newton. Baca juga Kalkulator Energi Mekanik

Sumber: gravitasi hukum gravitasi universal newton

Hukum Gravitasi Newton

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top