Fisika SMA/MA_Persamaan Gerak Benda

Kalkulator Fisika

Persamaan Gerak Benda


gerak benda

Kalkulator Fisika

Persamaan Gerak Benda


Kalkulator Fisika. Kalkulator fisika tentang persamaan gerak benda dapat digunakan untuk berbagai tipe soal yang seringkali muncul dalam penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir tahun, dan ujian sekolah.

Posisi (vektor) adalah letak benda secara vektor yang ditandai dengan sumbu dalam sistem koordinat. Syarat yang harus dipenuhi dalam penentuan posisi adalah penetapan sumbu koordinat terlebih dahulu. Posisi suatu benda tidak mengacu pada kesamaan letak melainkan pada sumbu koordinat yang dijadikan sebagai acuan.

Perpindahan adalah perubahan posisi pada benda. Ukuran perpindahan sama dengan jarak terpendek dari posisi akhir dan posisi awal oleh suatu titik P yang bergerak. Perpindahan sering kali dipertukarkan dengan konsep jarak. Perpindahan kadang dideskripsikan juga sebagai translasi yang memetakan posisi awal ke posisi akhir.

Kelajuan diartikan sebagai besaran skalar dan kecepatan adalah vektor. Kelajuan ialah jarak yang ditempuh suatu benda yang dibagi dengan selang waktu atau waktu untuk menempuh jarak itu. sedangkan kecepatan ialah proses berpindahnya suatu benda dibagi selang waktu. Kecepatan besaran vektor yang menunjukkan seberapa cepat benda berpindah. Besar dari vektor ini disebut dengan kelajuan dan dinyatakan dalam satuan meter per sekon (m/s atau ms−1).

kinematika
Besaran kinematika untuk partikel klasik: massa m, posisi r, kecepatan v, percepatan a.

Vektor Kecepatan

Vektor kecepatan dapat berubah besar dan arahnya atau keduanya sekaligus. Oleh karena itu, percepatan memperhitungkan laju perubahan besaran vektor kecepatan dan laju perubahan arah vektor itu. Alasan yang sama yang digunakan sehubungan dengan posisi partikel untuk menentukan kecepatan, dapat diterapkan pada kecepatan untuk menentukan percepatan. Percepatan partikel adalah vektor yang ditentukan oleh laju perubahan vektor kecepatan. Percepatan rata-rata partikel selama selang waktu didefinisikan sebagai rasio.

Salah satu persamaan dasar dalam kinematika adalah persamaan yang menggambarkan tentang turunan dari sebuah vektor yang berada dalam suatu sumbu koordinat bergerak. Yaitu: turunan terhadap waktu dari sebuah vektor relatif terhadap suatu koordinat diam, sama dengan turunan terhadap waktu vektor tersebut relatif terhadap koordinat bergerak ditambah dengan hasil perkalian silang dari kecepatan sudut koordinat bergerak dengan vektor itu.

Kalkulator fisika lainnya yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal-soal fisika dengan mudah seperti Kalkulator Berat, Gaya Normal, dan Tegangan Tali, Kalkulator Hukum Newton II, dan lain-lain.

Sumber: wikipedia.org

Kalkulator Fisika

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top