Fisika SMA/MA_Percepatan

Kalkulator Fisika

Percepatan


percepatan

Percepatan. Dalam fisika, percepatan atau akselerasi adalah perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Akselerasi sebuah objek disebabkan karena gaya yang bekerja pada objek tersebut, seperti yang dijelaskan dalam Hukum kedua Newton. Satuan SI untuk akselerasi adalah meter per sekon kuadrat (ms-2). Besaran fisis ini merupakan besaran vektor, sehingga memiliki besaran dan arah. Sebagai vektor, total gaya sama dengan hasil kali massa objek (besaran skalar) dan percepatannya. Umumnya, besaran ini dilihat sebagai gerakan suatu objek yang semakin cepat ataupun lambat. Dengan kata lain, objek yang membelok (misalnya mobil yang sedang menikung)-pun memiliki perubahan kecepatan juga.

Percepatan dibagi menjadi diperlambat dan dipercepat. Bila diperlambat artinya arah percepatannya berlawanan dengan arah kecepatan. Sedangkan jika dipercepat artinya arah percepatannya searah dengan kecepatan.

Perubahan kecepatan bernilai negatif jika kecepatan suatu benda berkurang dalam selang waktu tertentu (diperlambat). Bernilai positif ketika kecepatan suatu benda bertambah dalam selang waktu tertentu (dipercepat).

Kejadian dipercepat dan diperlambat dapat kita ilustrasikan pada suatu mobil yang bergerak. Mobil yang sedang bergerak dengan kecepatan dan arah tertentu akan mengalami perlambatan yang arah perlambatannya berlawanan arah kecepatan.

Ketika mobil direm karena hendak berhenti, dan mobil akan dipercepat dengan arah percepatannya searah kecepatan ketika mobil digas karena hendak menyusul kendaraan lain di depannya.

Kalkulator fisika lainnya yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal-soal fisika dengan mudah seperti Kalkulator GLB, Kalkulator GLBB, dan lain-lain.

Sumber: kompas.com

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top