Fisika SMA/MA_Kecepatan Linear

Kalkulator Fisika

Kecepatan Linear


Kecepatan linear. Dikutip dari College Physics (2008), besaran fisis ini sama seperti kecepatan pada gerak lurus, yaitu jarak yang ditempuh per satuan waktu namun pada gerak melingkar. Jarak yang ditempuh merupakan keliling lingkaran (busur lingkaran).

Secara definisi, kecepatan tersebut merupakan hubungan antara panjang lintasan lurus yang ditempuh benda per selang waktu tempuhnya. Kecepatan ini juga disebut dengan kecepatan tangensial. Untuk lebih memahami hal tersebut, mari perhatikan gambar di bawah.

kecepatan linear

Misalkan sebuah benda bergerak melingkar beraturan dari suatu titik. Selang waktu yang dibutuhkan benda tersebut untuk menempuh satu putaran penuh disebut sebagai periodenya. Maka benda telah menempuh lintasan linear sepanjang satu keliling lingkaran.

Contoh gerak melingkar beraturan berikutnya dapat dilihat dari pergerakan bulan. Bulan senantiasa berputar mengelilingi bumi pada garis edarnya. Pergerakan bulan yang mengitari bumi menghasilkan suatu gerak melingkar beraturan. Karena pergerakannya beraturan membuat bisa dihitung kecepatan putaran.

Contoh selanjutnya dari gerakan melingkar dengan mengaitkan bola pada tali. Kemudian tali berisi bola tersebut diputar secara melingkar. Itu juga akan menghasilkan gerakan melingkar. Semua contoh yang diutarakan tersebut membuat adanya gerakan melingkar. Dimana benda bisa bergerak berputar sesuai lintasannya dan di bagian tengah merupakan pusatnya. Dari pergerakan melingkar tersebut bukan hanya melahirkan kecepatan gerakan melingkar. Tapi juga menghasilkan besaran sudut tertentu.

Kalkulator fisika sejenis lainnya yang dapat digunakan untuk pembelajaran dengan mudah dan cepat seperti Kalkulator Kecepatan Anguler, Kalkulator Percepatan Sentripetal, dan lain-lain.

Sumber: Kompas.com

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top