Fisika SMA/MA_Kalkulator Jarak dan Perpindahan

Kalkulator Fisika

Jarak dan Perpindahan


Kalkulator Jarak dan Perpindahan

Jarak adalah suatu ukuran numerik yang menunjukkan seberapa jauh posisi suatu objek dengan objek lainnya. Dalam bidang fisika atau dalam pengertian sehari-hari, jarak dapat merujuk pada panjang (secara fisik) antara dua buah posisi. Atau suatu estimasi berdasarkan kriteria tertentu (misalnya jarak tempuh antara Jakarta-Bandung).

Perpindahan adalah kasus spesial jarak terarah yang terdefinisi di mekanika. Jarak terarah disebut perpindahan jika lintasan antara titik A dan B berupa garis lurus (jarak terpendek antara A dan B).

Baik jarak dan perpindahan sama-sama mengukur pergerakan suatu benda. Jarak adalah besaran skalar sedangkan perpindahan adalah besaran vektor dengan besar dan arah. Jarak kedua titik tidak dapat bernilai negatif. Di sisi lain, karak terarah tidak mengukur pergerakan. Itu mengukur posisi sebuah titik dari suatu titik acuan, dan dinyatakan dalam bentuk vektor. Jarak yang ditempuh oleh kendaraan, orang, hewan, atau objek di sepanjang lintasan melengkung dari titik A ke titik B. Harus dibedakan dari jarak garis lurus dari A ke B. Karena secara umum jarak garis lurus tidak sama dengan jarak yang ditempuh, kecuali untuk perjalanan dalam garis lurus. Kalkulator Jarak dan Perpindahan.


Jarak secara fisik

Dapat merujuk beberapa hal berbeda:

  • Jarak yang ditempuh: panjang suatu lintasan yang spesifik antara dua titik. Contohnya jarak yang ditempuh ketika menggunakan kendaraan di jalan raya.
  • Adapun jarak garis lurus (Euklides): panjang lintasan terpendek antara dua titik. Dapat ditempuh jika tidak ada halangan antara kedua titik (umumnya dinyatakan secara formal sebagai jarak Euklides).
  • Berbeda dengan jarak geodesik: panjang lintasan terpendek antara dua titik. Dapat ditempuh tanpa meninggalkan suatu permukaan; contohnya panjang lingkaran besar sepanjang kelengkungan permukaan Bumi.
  • Panjang suatu lintasan tertentu sebuah objek yang bergerak kembali ke titik awal. Seperti bola yang dilempar lurus ke atas, atau Bumi saat menyelesaikan satu orbit.

Baca juga Penetapan Nilai Satuan SI untuk Besaran Pokok, Satuan Sistem Internasional, dan lain-lain.

Sumber: wikipedia.org

Kalkulator Jarak dan Perpindahan

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top