Fisika SMA/MA_GLB

Kalkulator Fisika

Gerak Lurus Beraturan


GLB

GLB. Gerak lurus adalah gerak suatu objek yang lintasannya berupa garis lurus. Jenis gerak ini disebut juga sebagai suatu translasi beraturan. Pada rentang waktu yang sama terjadi perpindahan yang besarnya sama. Gerak lurus dapat dikelompokkan menjadi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan yang dibedakan dengan ada dan tidaknya percepatan.

Gerak lurus beraturan atau glb adalah gerak lurus dengan kecepatan yang tetap.Percepatan di dalam gerak lurus beraturan sama dengan nol dikarenakan tidak adanya percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.

GLB dalam Pesawat Atwood

Pesawat Atwood tersusun dari sebuah katrol dan tali yang digunakan untuk menggantung dua buah beban. Pengamatan yang diperoleh berupa gerak lurus dengan bermacam-macam percepatan. Pesawat Atwood digunakan untuk membuat pengamatan gerak lurus dengan kecepatan tetap, gerak lurus dengan percepatan tetap, dan gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan yang dapat diatur nilainya. Penggunaan pesawat Atwood hanya untuk benda yang bergerak lambat. Pesawat Atwood menghasilkan percepatan dan kecepatan dengan menentukan massa beban yang digantung pada dua sisi tali. Gerak lambat diperoleh dengan memberikan dua benda dengan selisih massa yang sangat kecil. Sedangkan gaya yang lebih cepat diperoleh dengan memperbesar selisih massa antara kedua benda yang digantung.

Massa tali dapat diabaikan karena nilainya yang sangat kecil dibandingkan dengan massa kedua benda yang digantung. Pengabaian massa tali membuat massa katrol juga diabaikan. Selisih massa antara dua benda diketahui melalui asumsi adanya pergerakan ke atas pada salah satu benda dan pergerakan ke bawah pada benda yang satunya. Percepatan yang dihasilkan oleh kedua benda adalah sama karena berada pada tali yang sama. Pesawat Atwood sangat sesuai untuk digunakan pada pengamatan dan pengukuran gerak lurus berubah beraturan.

Kalkulator fisika lainnya yang dapat digunakan untuk menyelsaikan soal-soal fisika dengan mudah seperti Kalkulator GLBB, Kalkulator Percepatan, dan lain-lain.

Sumber: wikipedia.org

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top