CPNS P2 Psikotes

Psikotes

Interactive Content


CPNS P2 Psikotes

Tes psikologi

CPNS P2 Psikotes. Tes psikologi atau psikotes adalah bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis adalah Psikometrik. Dengan sampel perilaku, berarti pengamatan dari tugas melakukan individu yang biasanya telah ditentukan sebelumnya, yang sering berarti nilai pada ujian. Respon ini sering dikompilasi ke dalam tabel statistik yang memungkinkan evaluator untuk membandingkan perilaku individu yang diuji terhadap tanggapan kelompok norma.

Sejarah

Tes psikis berskala besar pertama mungkin berasal dari sistem ujian kenegaraan di Tiongkok. Jenis tes tersebut, merupakan bentuk awal dari tes psikologis, yang mana tes ini digunakan untuk menilai kandidat berdasarkan kecakapan mereka dalam berbagai topik seperti hukum perdata dan kebijakan fiskal. Tes kecerdasan di masa-masa awal pada umumnya hanya dibuat untuk hiburan daripada analisis psikologi.

Sinonim

Sinonim (serapan dari bahasa Belanda: synoniem) adalah hubungan semantik yang menyatakan adanya kesamaan makna antara satu kata dengan kata lainnya. Relasi sinonim ini bersifat dua arah. Maksudnya, jika suatu kata saling bersinonim maka dapat dipastikan kata tersebut memiliki kesamaan makna. Kalau satu satuan ujaran A bersinonim dengan satuan ujaran B, tentu satuan ujaran B itu bersinonim dengan satuan ujaran A. Secara konkret, kalau kata jelek bersinonim dengan kata buruk, dengan demikian, kata buruk juga bersinonim dengan kata jelek. Contoh lain, kata benar bersinonim dengan kata betul, dan kata betul juga bersinonim dengan benar.

Hubungan sinonimi ditandai oleh kemampuan dua leksem yang bisa saling menggantikan sebagai pengisi gatra di dalam kalimat tanpa mengubah makna. Sinonim yang tidak mengubah makna itu disebut sinonim mutlak (absolute synonym). Namun, sinonim mutlak jarang sekali ditemukan dalam bahasa karena setiap kata memiliki makna tersendiri. Jika suatu kata yang bersinonim tidak mempunyai makna yang persis sama, kesamaannya terletak pada kandungan informasi yang disajikan. Sinonim secara sederhana juga disebut sebagai persamaan makna atau padanan kata. Dalam menggunakan kata bersinonim dalam sebuah karangan hendaknya memilih kata yang tepat dan sesuai dengan konteks kalimat.

CPNS P2 Psikotes. Baca juga CPNS P1 Kemampuan Penalaran

Sumber: tes psikologi

CPNS P2 Psikotes

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top