Biologi_Mengenal Biologi

Mengenal Biologi

Interactive Content


Mengenal Biologi

Etimologi

Kata biologi dibentuk dengan menggabungkan bahasa Yunani βίος (bios), yang berarti “kehidupan”. Dan akhiran ‘-logy‘, yang berarti “ilmu”, “pengetahuan”, “studi”, yang didasarkan pada kata kerja yunani λέγειν, ‘legein‘ “untuk memilih”, “mengumpulkan”. Istilah biologi dalam pengertian modern tampaknya telah diperkenalkan secara mandiri oleh Thomas Beddoes (1799), Karl Friedrich Burdach (1800). Ilmuan lain seperti Gottfried Reinhold Treviranus (Biologie oder Philosophie der lebenden Natur, 1802) dan Jean-Baptiste Lamarck (Hydrogéologie, 1802). Kata itu sendiri muncul dalam Volume 3 Philosophiae naturalis sive physicae dogmaticae: Geologia, biologia, phytologia generalis et dendrologia oleh MC. Hanow.

mengenal biologi
Gambar muka untuk puisi bertema evolusi Erasmus Darwin Candi Alam menunjukkan seorang dewi menarik tabir dari alam (dalam pribadi Artemis). Kiasan dan metafora telah sering memainkan peran penting dalam sejarah biologi.

Sebelum biologi, ada beberapa istilah yang digunakan untuk studi hewan dan tumbuhan. Sejarah alam merujuk pada aspek deskriptif biologi, meskipun hal ini juga termasuk mineralogi dan bidang non-biologis. Dari Abad Pertengahan melalui Renaisans, pemersatu kerangka sejarah alam adalah scala naturae atau Rantai Besar Keberadaan. Filsafat alam dan teologi alam mencakup dasar konseptual dan metafisik dari kehidupan tumbuhan dan hewan. Berurusan dengan masalah mengapa organisme yang ada dan berperilaku seperti yang mereka lakukan. Meskipun subyek ini juga termasuk apa yang sekarang disebut geologi, fisika, kimia, dan astronomi. Fisiologi dan farmakologi (botani) adalah bidang kedokteran. Botani, zoologi, dan geologi menggantikan sejarah alam dan filsafat alam pada abad ke-18 dan abad ke-19 sebelum biologi meluas. Sampai hari ini, “botani” dan “zoologi” digunakan secara luas. Meskipun mereka telah bergabung dengan sub-disiplin ilmu biologi, seperti mikologi dan biologi molekular.

Sejarah biologi

Sejarah biologi mengikuti studi dunia kehidupan dari zaman kuno hingga modern. Konsep biologi sebagai satu kesatuan bidang muncul pada abad ke-19. Ilmu pengetahuan biologis yang muncul dari tradisi kedokteran dan sejarah alam mencapai kembali ke ayurveda. Lalu ke kedokteran Mesir kuno dan karya-karya dari Aristoteles dan Galen dalam dunia Yunani-Romawi kuno. Karya kuno ini dikembangkan lebih lanjut di Pertengahan oleh dokter Muslim dan ulama seperti Ibnu Sina.

Selama Renaisans Eropa dan periode modern awal, pemikiran biologi mengalami revolusi di Eropa. Dengan minat baru dalam empirisme dan penemuan banyak novel organisme. Yang menonjol dalam gerakan ini adalah Vesalius dan Harvey, yang menggunakan eksperimen dan pengamatan yang cermat dalam fisiologi. Dan naturalis seperti Linnaeus dan Buffon yang mulai mengklasifikasikan keanekaragaman kehidupan dan catatan fosil, serta perkembangan dan tingkah laku organisme. Mikroskop mengungkapkan dunia mikroorganisme yang sebelumnya tidak diketahui, meletakkan dasar untuk teori sel. Semakin pentingnya teologi alam, sebagian merupakan respon terhadap munculnya filsafat mekanik, mendorong pertumbuhan sejarah alam.

Selama abad ke-18 dan abad ke-19, ilmu biologi seperti botani dan zoologi menjadi disiplin ilmu yang semakin profesional. Lavoisier dan para ilmuwan fisik mulai menghubungkan dunia bernyawa dan tidak bernyawa melalui fisika dan kimia. Penjelajah-naturalis seperti Alexander von Humboldt menyelidiki interaksi antara organisme dan lingkungan mereka. Dan cara-cara hubungan ini tergantung pada geografi—meletakkan dasar-dasar untuk biogeografi, ekologi dan etologi. Naturalis mulai menolak esensialisme dan mempertimbangkan pentingnya kepunahan dan mutabilitas dari spesies. Teori sel memberikan perspektif baru tentang dasar dari kehidupan. Perkembangan ini, serta hasil dari embriologi dan paleontologi, disintesis di teori evolusi oleh seleksi alam oleh Charles Darwin. Akhir abad ke-19 melihat jatuhnya generasi spontan dan munculnya teori kuman penyakit, meskipun mekanisme pewarisan tetap menjadi misteri.


Baca juga Virus, Game Virus, dan lain-lain.

Sumber: wikipedia.org

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top